Layanan Yang Diberikan Oleh Lembaga Bahasa


Non-English Prody : Listening

Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris mahasiswa Non-Prodi Bahasa Inggris dengan cara praktik Listening. Praktik dilakukan 1 kali dalam seminggu sebanyak 5 kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk ujian.

English Education Practice

Program ini ditujukan bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Program ini menggunakan system computer interactive learning yaitu CAL (Computer Assistant Learning) TELL ME MORE. Dimana setiap siswa satu unit computer untuk mengakses latihan-latihan Bahasa Inggris.

English Skill Improvement of Lecturers

Merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk peningkatan kemampuan Berbahasa Inggris dosen-dosen dan karyawan UM Metro.

Assistant Requirtment

Program seleksi para assisten Lembaga Bahasa yang bertugas untuk membantu jalannya pembelajaran di lembaga Bahasa. Penyeleksian ini dilakukan terhadap mahasiswa di semua jurusan yang meliputi 4 tahapan tes, yaitu :

  • Seleksi Nilai (IP)
  • Seleksi Skor EPT
  • Seleksi Intervew
  • Seleksi UJi Kompetensi Mengajar (Micro Teaching).

Native Speaker Meeting.

Program pertemuan antara para assistant, dosen dan Native Speaker. Melalui program ini, diharapkan Native Speaker dapat menjadi Phonological Clinic baik bagi assistant maupun dosen, dan dapat juga menjadi Linguistic Expert Judgment.

One Day Assistant Training.

Program peningkatan para assistant dalam penguasaan peralatan, materi dan penguasaan kelas di Lembaga Bahasa UMM.

Weekly Meeting for Laboratory and Supervisor.

Program diskusi antara assistant dan dosen dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para assistant baik mengenai pembelajaran di Lembaga Bahasa maupun permasalahan personal assistant.

Program Penerjemahan

 

Program ini adalah salah satu program UPT. Lembaga Bahasa untuk menerjemahkan berbagai bahasa dari bahasa yang satu ke bahasa yang lain, ini akan membantu civitas akademika UM Metro menyelesaikan tugas dan pembelajaran yang berkaitan dengan bahasa.

Program Kursus

  • Kursus Bahasa

Kursus merupakan program untuk memudahkan mahasiswa dalam menguasai kompetensi kebahasaan. UPT Lembaga Bahasa menawarkan jenis program kursus kebahasaan yang terdiri dari bahasa Inggris dan bahasa Arab.

  • Kursus EPT

Kursus EPT merupakan program kursus yang ditujukan untuk mahasiswa UM Metro dan masyarakat yang membutuhkan kemampuan dalam tes berbahasa Inggris. EPT sebagai syarat mahasiswa UM Metro mengikuti yudisium di fakultas masing-masing dan bisa digunakan untuk kalangan di luar lingkungan UM Metro.

Bimtek Lab. Bahasa (Bimbingan Teknis Lab. Bahasa)

Merupakan program untuk membimbing para pengelola Laboratorium Bahasa baik secara teknis maupun non-teknis untuk mengembangkan laboratorium sebagai sarana pengembangan kompetensi bahasa.

English Card (E-Card)

Merupakan sarana untuk memberikan konsultasi, sharing berkaitan dengan kemampuan Berbahasa Inggris yang ditujukan untuk seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Metro.